Daisypath Anniversary tickers

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Lilypie First Birthday tickers

Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Mengenai Saya

Foto saya
Everyday I try to look my best,,,,Even though inside I'm such a mess (skylar)

Jumat, 09 September 2016

Berhenti jadi Guru???

3.55 a.m masih belum bisa kembali tidur..Shanum anak ke dua ku dari jam 1 terbangun,rewel dan hanya bisa diam jika di susui. Sampai jam 3.20 barulah dia bisa tidur.dan aku masih berpikir tentang apa yang harus kulakukan untuk kedepan nya sebagai seorang guru.
Aku adalah guru bahasa Inggris di salah satu SMK negeri di kotaku.aku mulai mengajar tahun 2011. Hampir 6 tahun aku bekerja sebagai guru honorer. Awalnya aku senang saja kerja sebagai guru,meski jarak tempuh dari rumah ke sekolahku memakan waktu hingga 1 jam tapi semua terasa ringan.
Hingga di tahun ke lima aku mengajar mulai ada sesuatu yang membuat mengajar menjadi hal yang selalu membuat tidak bisa tidur.
Awalnya karena masalah penilaian.dimana ada aturan batas minimun nilai yang harus dicapai siswa.saat siswa tidak bisa mencapai nilai tersebut maka dikatakan siswa tersebut tidak tuntas dan harus mengulang atau memperbaiki nilai hingga batas KKM dicapai.adalah keinginan setiap guru untuk mencetak siswa yg berprestasi sesuai dengan kemampuan siswa tersebut.saat nilai tersebut "dipaksakan" untuk diberikan kepada siswa yg kurang mampu menuntaskan nilai,saya merasa dibodohi.
Saat siswa tidak lagi menghormati Guru kareba mereka tau bahwa tidak harus pintar untuk bisa tuntas di semua pelajaran.saya tumbuh di jaman saat nilai benar2 sesuai kemampuan kita.saya lemah di pelajaran Matematika,Fisika,Kimia..dan memang nilai saya pas pas an bahkan kurang.
Sedangkan jaman sekarang siswa yang tidak mampu mendapat nilai 4 pun harus di bantu hingga nilai tuntas..dibantu dengan cara yg magic menurut saya.
Saya mendapati siswa yang mulutnya kurang sopanvterhadap guru,sering tidak ikut pelajaran saya,tidak ikut ulangan harian,nilai tugas banyak kosong,lalu ujian semester hanya mendapat nilai 20 .saya beri kesempatan memperbaiki nilai dan akhirnya hanya mendapat milai 28. Saat input ke format penilaian nilai akhir yg keluar sangat minim.saya pikir apa iya harus saya naikkan ke batas minimum nilai tuntas..ini bahasa inggris..saat nilaiencaoai lebih dari 70 seharusnya kemampuan bahasa inggrisnya sudah baik..
Akhirnya saya juga kena batu nya..sok idealis menyebabkan saya di kritik habis2an.saya dianggap tidak berhasil mendidik siswa karena nilai tersebut.jam mengajar saya dipotong hampir separo dari semester sebelumnya,dan tidak lagi di percaya jadi wali kelas. Sunggug saya ikhlas mungkin memang saya tidak berhasil jadi guru.
Namu saya pikir andai kemarin semua nilai saya sulap menjadi tuntas semua mungkin saya tidak di beginikan..ahh tapi sudahlah...
Lalu cobaan lain datang ibuku tersayang sakit san sakit ini membuat beliau tidak boleh lagi kelelahan.ibuku adlh penjual makanan di kantin sekolah.selama ini aku menitipkan anak2 ku pada beliau di kantin saat aku kerja.kenapa tidak dititipkan di tempat lain? Gak kasian sama ibunya?,
Alasan pertama karena anak saya trauma dititpkan ke org lain.kedua adlh honor saya sebagai guru honorer tidaklah besar dan akan langsung habis jika di bayarkan ke penitipan anak.ketiga adlh waktu gajian saya yang tidak menentu yg bisa tiga bulan tidak menerima honor.mau bayar penitipan pakai duit suami ya jadi percuma aja kerja kalau begitu.krn alasan saya bekerja adlh membantu ekonomi rumah tangga.
Dari situ saya berpikir baiknya saya berhenti mengajar saja.saya ingin fokus menjaga anak dan merawat ibu saya.saya tidak pernah tau umur sampai kapan..saya tidak mau menyesal membiarkan org2 yang saya cintai hanya krn ttp ingin mengajar.masalah ekonomi bisa saja saya atasi.
Dan saat saya menulis ini saya masih berpikir kapan sebaiknya sayaa mengajukan surat permohonan pengunduran diri saya...karena ini masih di pertengahan semester..
Saya hanya berdoa kesembuhan untuk ibu saya...andaikan memang harus berhenti mengajar saya sungguh ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar